Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Delapan Cara Menghitung Perdedaran Bruto Berdasar PMK 15 Tahun 2018

 Berdasarkan pada PMK 15 Tahun 2018, cara yang dapat digunakan untuk menghitung peredaran bruto Wajib Pajak antara lain menggunakan metode transaksi tunai dan nontunai, sumber dan penggunaan dana, satuan dan volume, penghitungan biaya hidup, pertambahan kekayaan bersih, berdasarkan SPT atau pemeriksaan tahun pajak sebelumnya, proyeksi nilai ekonomi, atau penghitungan rasio. Dalam PMK tersebut, terdapat delapan cara lain untuk menghitung peredaran bruto dijelaskan secara lebih terperinci sebagai berikut:

  1. 1. Penghitungan peredaran bruto dengan metode transaksi tunai dan nontunai dilakukan berdasarkan data penerimaan tunai dan nontunai dalam suatu tahun pajak.
  2. 2. Penghitungan peredaran bruto dengan metode sumber dan penggunaan dana dilakukan menggunakan data sumber dana dan penggunaan dana dalam 1 tahun pajak.
  3. 3. Penghitungan peredaran bruto dengan metode satuan dan volume dilakukan dengan menggunakan data jumlah satuan dan volume usaha yang dihasilkan Wajib Pajak dalam suatu tahun pajak.

  4. Ilustrasi https://enforcea.com/ 

  5. 4. Penghitungan peredaran bruto dengan metode penghitungan biaya hidup dilakukan dengan berdasarkan data biaya hidup Wajib Pajak beserta tanggungannya, termasuk pengeluaran untuk menambah kekayaan dalam suatu tahun pajak.
  6. 5. Penghitungan peredaran bruto dengan metode pertambahan kekayaan bersih dilakukan menggunakan data selisih kekayaan bersih pada awal dan akhir tahun pajak.
  7. 6. Penghitungan peredaran bruto berdasarkan SPT atau hasil pemeriksaan tahun pajak sebelumnya dilakukan berdasarkan data SPT atau hasil pemeriksaan tahun pajak sebelumnya.
  8. 7. Penghitungan peredaran bruto menggunakan proyeksi nilai ekonomi dilakukan dengan memproyeksikan nilai ekonomi suatu kegiatan usaha pada saat tertentu pada suatu tahun pajak.
  9. 8. Penghitungan peredaran bruto menggunakan penghitungan rasio dilakukan berdasarkan persentase atau rasio pembanding.

Pemeriksa dapat menghitung omzet wajib pajak pakai cara lain. Bagian pertimbangan PMK 15 Tahun 2018 yang menyatakan “Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 14 Ayat (5) UU PPh …. perlu menetapkan PMK tentang Cara Lain untuk Menghitung Peredaran Bruto.” Pemeriksa memiliki kewenangan menghitung peredaran bruto Wajib Pajak dengan cara lain jika Wajib Pajak tidak/tidak sepenuhnya menyelenggarakan pencatatan/pembukuan atau tidak/tidak sepenuhnya memperlihatkan pencatatan/pembukuan.

Posting Komentar untuk "Ini Delapan Cara Menghitung Perdedaran Bruto Berdasar PMK 15 Tahun 2018"