Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STUDY WISATA KELAS 1 & 2 TAHUN AJARAN 2015/2016 PELITA VILLAGE CISEENG BOGOR



Setiap tahunnya, MIN 18 Jakarta yang didukung Komite Sekolah menggulirkan kegiatan Study Wisata atau field trip. Study Wisata tahun  ini untuk kelas 1 & 2 bertema pengenalan alam sekitar, hewan dan tumbuhan, kepanitiaan yang terdiri dari panitia korlas (koordinator kelas) dan panitia guru, sepakat tujuan field trip tahun ini ke Pelita Village Ciseeng Bogor, dengan bentuk kegiatan Outbond.


Adapun tujuan Study Wisata kali ini adalah : 

  • Meningkatkan kecintaan terhadap Allah SWT lewat pengenalan dan pengamatan terhadap alam sekitar dan makhluk hidup ciptaan Allah, khususnya hewan dan tumbuhan yang berkaitan dengan materi yang diberikan di Madrasah. Sehingga diperoleh pemahaman materi yang menyeluruh dengan metode pembelajaran yang dapat mengakomodir berbagai gaya belajar anak
  • Melatih ketangkasan fisik anak, meningkatkan ketrampilan anak dengan permainan-permainan edukasi di alam sekitar
  • Mempererat keakraban dan kerjasama diantara murid, guru dan orangtua 
  • Menyegarkan kembali kondisi anak setelah menjalani berbagai kegiatan belajar di Madrasah, sehingga diharapkan anak dapat kembali siap menghadapi proses belajar selanjutnya. 
Peserta berkumpul di lapangan brigif Pkl.06.00 WIB, peserta kelas 1 memakai kaos biru merah dan kelas 2 memakai kaos ungu. Setelah dilakukan registrasi oleh pendamping  kelompok, peserta dikumpulkan perkelompok dilapangan. Kata Sambutan diberikan oleh Bapak Muhimin selaku Kepala Sekolah dan Ibu Ana Suluro sebagai Kepala Bagian Kesiswaan MIN 18, peserta juga melakukan foto bersama.


Pukul 07.10 WIB rombongan berangkat ke lokasi outbond Pelita Village, Ciseeng, Bogor, selama diperjalanan di bus, panitia korlas dan guru mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang atraktif dan interaktif seperti bernyanyi bersama, joget bersama, kuis seputar pelajaran disekolah dengan hadiah permen dan snack, juga menonton film-film edukasi untuk anak.   


Bentuk-bentuk kegiatan Outbond selama dilokasi : 

Warming up/ice breaker, Tom & Jerry, Vampire, Bakiak, Tarik Tambang, Hola Hop, Doret, Human Tower, Pipa Bocor, Observasi, Rakit Kita, Two Line, V-Bridge, V-Bridge Besi, Jembatan Goyang, Jembatan Monkey, Jembatan Titian, X-Cave, Spider Block, Program Sapi Perah, Observasi serba serbi Susu Sapi, Bridge Jump, Flying Fox, Program Tanah Liat, Program Pak Tani : Membajak, mencabut bibit padi, menanam padi, menumbuk padi, menampih padi, menangkap ikan.

Disela - sela kegiatan outbond peserta diajak untuk break time dengan makan bakso yang telah disediakan penyelenggara. 


Dengan dibantu pendampingan dari fasilitator Pelita Village juga pendamping dari guru dan korlas, Selama kegiatan peserta tampak antusias, bersemangat, berani mencoba hal-hal yang baru, tidak nampak rasa jijik dan takut, peserta juga tertantang menyelesaikan setiap kegiatannya dengan baik.  Dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan juga tercipta kekompakan dan kerjasama dalam kelompok, terjalin hubungan yang lebih erat diantara siswa, siswa dengan orangtua dan siswa dengan guru. Juga terjalin keakraban antara orangtua dengan guru.

Kegiatan Outbond selesai pukul 13.00 WIB, dilanjutkan istirahat, kemudian peserta mandi ditemani pendamping kelompok dan fasilitator dari Pelita Village, sholat berjamaah lalu berkemas untuk pulang. 


Pukul 17.00 WIB Rombongan sampai di lapangan Brigif, peserta diserahkan kembali ke orangtua masing-masing.

Sampai bertemu kembali dalam Study Wisata yang akan datang. 



Penulis : Nurbani Hamid













Posting Komentar untuk "STUDY WISATA KELAS 1 & 2 TAHUN AJARAN 2015/2016 PELITA VILLAGE CISEENG BOGOR"