Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GEMPITA PEMILU KOMITE MINDELASTA

GEMPITA PEMILU KOMITE MINDELASTA
Oleh Prima Sagita

Sabtu, 15 Februari 2014. Pagi diguyur hujan ketika kami para Panitia Pemilihan Komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri 18 Jakarta (Mindelasta) periode terkini masih di rumah mempersiapkan diri untuk bertugas mensukseskan sebuah acara yang terbilang spektakuler ini. Pasalnya, dua tahun masa jabatan pengurus Komite periode 2012-2014 sudah berakhir per tanggal 4 Februari 2014 lalu. Dan momen ini akan disandingkan dengan acara Laporan Pertanggung Jawaban sang Ketua dalam gelar Rapat Umum Anggota.
Bertempat di ruang kelas III lantai dua, tepat jam 7.30 beberapa panitia sudah bersiap menyambut para orang tua siswa. Sambil menunggu, resah pun melanda. Hal yang kami cemaskan adalah kehadiran para orang tua yang notabene sulit menghadiri undangan rapat. Apalagi di tengah cuaca yang sangat mendukung untuk bersantai di rumah. Syukurlah di menit-menit menuju jam 8 pagi mulai terlihat para orangtua siswa mengisi lembaran daftar hadir.
Setelah sebagian besar bangku di ruangan terisi oleh peserta forum, acara pun dimulai. Ibu Sri yang pagi ini bertindak selaku MC membuka acara pada pergerakan jarum jam menuju angka 9.
Memasuki acara pertama yakni sambutan ketua Komite Madrasah periode 2012-2014, disampaikan langsung oleh Bapak Elvin Sasmita. Beberapa hal pun digulirkan, mulai dari sepak terjang Komite Madrasah sejak dibentuk dua tahun lalu, peran dan fungsi Komite, hingga keberadaannya di hadapan para guru dan orang tua siswa. Namun sayang sekali, acara yang sedianya dirancang akbar ini hanya dihadiri oleh 15 persen saja (62 orang) dari total seluruh siswa-siswi MIN 18 Jakarta yang berjumlah 450 orang.
“Inilah wajah kepedulian orang tua terhadap Madrasah. Belum sampai 50 persen dari kita yang mau peduli dan terketuk untuk ikut serta dalam mengembangkan Madrasah,” ungkap Pak Elvin dalam sambutannya.
“Komite Madrasah sebagai lembaga legal yang dibentuk guna menjembatani kebutuhan orang tua terhadap pihak Madrasah, hendaknya dipahami sebagai wadah yang efektif dan efisien dalam menyampaikan setiap ide, gagasan ataupun kritik dan saran terhadap kegiatan pendidikan yang berlangsung,” tegas Pak Elvin kepada forum.
Lain hal dengan sambutan Bapak Nursobari, mewakili Kepala Madrasah yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Pak Nur sangat mengapresiasi peran serta Komite yang telah banyak mensukseskan program kegiatan Madrasah selama dua tahun ini.
Memasuki acara inti, Bapak Majlani sebagai Steering Committee dalam kepanitiaan berlanjut terpilih sebagai ketua sidang bersama Ibu Sri dan Ibu Kartini sebagai sekretaris dan anggota. Sidang pleno pun terbagi tiga.
Pertama, Sidang pleno menetapkan tata tertib rapat. Terdiri dari delapan Bab dan belasan pasal untuk satu demi satu disepakati bersama seluruh peserta rapat.
Kedua, Sidang pleno membahas pandangan umum seluruh pengurus kelas terhadap Laporan Pertanggung Jawaban Komite Madrasah periode 2012-2014 oleh seluruh koordinator atau wakilnya.
Secara garis besar, peran dan fungsi Komite Madrasah di bawah kepemimpnan Bapak Elvin baru sebatas mendukung (supporting) kegiatan yang diprogramkan pihak Madrasah. Mulai dari Study Tour, Perpisahan Kelas enam, Pentas Seni, Buka Bersama, Bakti Sosial dan Perkemahan Jum’at Sabtu. Sedangkan peran dan fungsi lain seperti advisor, controlling dan mediator belum dapat dimaksimalkan. Karena itu untuk perbaikan kinerja Komite berikutnya nanti perlu sekali diadakan pertemuan  (di awal tahun ajaran baru) antara pihak Madrasah dengan Komite yang bertujuan untuk membuat rancangan strategis tentang program pendidikan kedepan selama setahun.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka pandangan umum para Koordinator Kelas terhadap hasil kerja Komite selama dua tahun ini tetap memberi penghargaan setinggi-tingginya bilkhusus kepada Bapak Elvin yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan pemikirannya dalam mengemban amanat. Selanjutnya ungkapan itupun disambut ketokan palu ketua sidang sebagai pertanda sepakatnya forum rapat untuk menerima seluruh laporan pertanggung jawaban yang disampaikan.
Memasuki acara selanjutnya, yakni Sidang Pleno ketiga. Merupakan puncak acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota rapat karena pada sesi ini akan dipilih sosok-sosok baru dalam estafet kepengurusan Komite Madrasah periode 2014-2016.
Diawali dengan perhitungan kertas suara dari hasil penjaringan bakal calon yang terkumpul oleh panitia, maka terpilihlah lima suara terbanyak sebagai berikut:
1.      Bapak Syafa’at sebanyak 31 suara
2.      Bapak Elvin sebanyak 27 suara
3.      Ibu Fitros sebanyak 26 suara
4.      Bapak Sudiman Sihotang sebanyak 19 suara
5.      Bapak Yahya sebanyak 19 suara

Dari hasil perhitungan tersebut, dikarenakan Bapak Syafa’at sebagai pemilik suara terbanyak tidak hadir dalam rapat, maka ketua sidang (disepakati oleh forum) memutuskan untuk kembali melakukan pemungutan suara untuk dua calon dengan suara terbanyak yang akan dipilih menjadi ketua Komite terbaru. Suasana sidang pun spontan memanas. Dan akhirnya Bapak Elvin memenangkan perhelatan ini dengan perolehan suara terbanyak, yakni 15 suara. Selisih dua angka dengan Bapak Syafa’at yang memperoleh 12 suara.
Usai pembacaan hasil rapat oleh ketua sidang mengenai ketua Komite terpilih periode 2014-2016, maka berakhir pula rangkaian acara Rapat Umum Anggota Komite MIN 18 Jakarta. Semoga dibawah kepemimpinan Bapak Elvin untuk yang kedua kalinya ini pihak Komite dan Madrasah dapat bersinergi secara lebih baik lagi demi kemajuan yang sama-sama kita harapkan. Aamiin.
Salam Sinergi !
Cijantung, 20 Februari 2014
17.30 WIB











Posting Komentar untuk "GEMPITA PEMILU KOMITE MINDELASTA"